Mengenal Karakter Kepribadian Koleris Dan Ciri

Artinya, ‘pemimpin’ adalah individu yang melakukan kegiatan pemanduan tersebut atau orang yang mengampu tanggung jawab memandu. Agar mampu menjadi pemimpin yang baik diperlukan serangkaian keterampilan agar dapat memandu orang lain dengan baik dan benar. Artinya menjadi seorang pemimpin diperlukan serangkaian proses yang cukup panjang.

Pandangan ini berpengaruh dan berimplikasi pada respons bawahan terhadap sikap, tindakan dan keputusan pemimpin. Padahal, fenomena yang muncul saat ini, egoisme pribadi atau kelompok telah berkembang menjadi virus ganas yang melahirkan sosok kepemimpinan yang bercorak premanisme dan pameran adu kekuatan. Persoalan-persoalan bangsa yang strategis, serius, dan luas, terkadang tidak lagi dipersepsikan sebagai kepentingan nasional. Bagaikan sebuah kapal yang sedang berlayar yang di tengah laut harus dikuras, dirampok dan semua mengambil bagian sebanyak mungkin dari kapal tersebut untuk dirinya dan kelompoknya. Kebijaksanaan , atau disebut pula sebagai kebajikan, merupakan kearifan seorang pemimpin dalam memutuskan sesuatu sehingga keputusannya adil dan bijaksana.

Sebuah watak menjadi pemimpin

Loyalitas mengacu pada kesetiaan kepada organisasi, kerelaan berkorban untuk organisasi, dan hal-hal lain yang sifatnya heroik. Loyalitas akan menggerakkan motor-motor organisasi untuk tetap bekerja, meskipun dalam kondisi yang tidak menguntungkan, kondisi kekurangan, atau kondisi-kondisi buruk jackpot online uang asli lainnya. Apapun sikap yang ada dalam dirimu, kamu pasti bisa menjadi seorang pemimpin. Coba biasakan untuk menonjolkan sikap jiwa pemimpin yang ada di dirimu dan rasakan apa perbedaannya. Seorang pemimpin nggak hanya memerintah saja, tapi kamu mampu mendengarkan kendala dan keluh kesah mereka.

Sebuah samudra memiliki wawasan yg luas, mampu mengatasi setiap gejolak dengan baik, penuh kearifan & kebijaksanaan. Samudera merupakan wadah air yg memiliki sifat pemaaf, bukan pendendam. Seorang pemimpin harus mempunyai sifat pemaaf, sebagaimana sifat air dalam sebuah samudra yg siap menampung apa saja yg hanyut dari daratan. Samudra mencerminkan jiwa yg mendukung pluralisme dalam hidup bermasyarakat yg berkarakter majemuk. Pemimpin hendaknya memiliki sifat-sifat utama dari bumi, yaitu teguh, menjadi landasan pijak & memberi kehidupan untuk rakyatnya. Begitu pula dengan seorang pemimpin yg rela berkorban kepentingan pribadinya untuk kepentingan rakyat.

Sebutlah Koentjaraningrat, misalnya, pernah berpendapat bahwa unsur budaya merupakan variabel penting dan utama untuk memahami perkembangan politik suatu bangsa. Pasalnya budaya politik suatu bangsa atau masyarakat tak bisa dipisahkan atau setidaknya dipengaruhi oleh nilai-nilai yang ada dalam masyarakat atau bangsa tersebut. Seorang pemimpin harus dapat mengadakan hubungan yang manusiawi dengan bawahannya dan orang-orang lain, sehingga mudah mendapatkan bantuan dalam setiap kesulitan yang dihadapinya. Seorang pemimpin harus memiliki kekuatan lahiriah dan rokhaniah sehingga mampu bekerja keras dan banyak berfikir untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi. Seorang pemimpin tidak saja dituntut untuk mampu membuat rencana-rencana dan melaksanakan rencana tersebut, tetapi juga harus mampuan untuk memutuskan segala sesuatu yang perlu.

Untuk menjadi pemimpin dalam lingkungan yang terstruktur, seseorang membutuhkan pelatihan secara formal. Hal ini diasumsikan bahwa mereka tidak memiliki “kabel bawaan” sebagai seorang pemimpin. Miliki e-book perencanaan keuangan yang sesuai dengan usia Anda dengan men-download secara gratis dari Finansialku. Sebagian orang dilahirkan dengan bakat musik yang luar biasa atau bakat atletik. Untuk menunjukkan bahwa para pemimpin tidak “masuk ke dunia” dengan dukungan luar biasa adalah dengan menyiratkan bahwa orang-orang “memasuki dunia” dengan kemampuan yang sama, dengan talenta yang setara. Pahing atau lanang berwatak gagah berani dan tidak mudah menyerah dan pantang putus asa.

CSULfinance memiliki nilai-nilai dasar dan sifat – sifat dasar kepemimpinan yang dipegang teguh oleh setiap pemangku kepentingan. Nilai – nilai dasar antara lain Integritas, Pengembangan Berkelanjutan, Keunggulan, Proaktif, Tanggung Jawab, dan Kerjasama Kelompok. Dan untuk Sifat – sifat dasar kepemimpinan antara lain Kompeten, Berwawasan ke Depan, Menginspirasi, Mengaktualisasi Diri, Jujur & Rendah Hati. Pemimpin itu dilahirkan kemudian dibentuk melalui proses kehidupan ini tahap demi tahap sehingga menjadi pemimpin yang mempunyai karakter. Jika seorang sudah diperlengkapi dengan semua dasar pelatihan tentang kepemimpinan namun tidak mau mengambil tantangan dan berani untuk memimpin, dia bukanlah pemimpin.

Manajer harus bersedia melatih dan mengawasi bawahannya secara luas. Dengan demikian pemberian pendidikan dalam bentuk latihan dan system pengawasan dapat dipergunakan sebagai alat untuk melaksanakan pendelegasian wewenang yang efektif. Span of character and power.Terbatasnya kepribadian dan tenaga seorang manajer untuk memimpin sejumlah bawahan dengan ofektif dan juga untuk mempengaruhi bawahan secara pribadi maupun kolektif.