5 Karakter Pengusaha Sukses Yang Belum Tentu Dimiliki Semua Orang

REPUBLIKA.CO.ID, Keberhasilan Rasulullah dalam berbisnis amat patut dicontoh kaum Muslimin. Terlepas dari jiwa entrepreneur dan keturunan yang memang dari para pengusaha, Rasulullah memiliki rahasia kunci sukses bisnisnya. Tak terlalu lama berusaha minyak goreng, Elang kembali melepas bisnis tersebut sebab ia berpikir jika masih ada banyak usaha yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan otot. Motivasi-motivasi itu ia dapatkan setelah berkonsultasi dengan teman-teman para pebisnis yang lebih senior darinya.

Karakter seperti apa yang diperlukan dalam kepemimpinan bisnis? Sembari Anda memikirkannya, Anda dapat membaca artikel ini hingga selesai untuk langsung mengetahui lebih jelas karakter yang dibutuhkan dalam kepemimpinan bisnis. Sifatnya yang gigih dan selalu ingin belajar ini perlu banget dicontoh ya. Sebagai seorang pebisnis baru sifat ini memang harus dimiliki agar bisnis yang dijalankan tetap berjalan baik, meskipun hasilnya tidak sesuai ekspetasi. Menurut Bob Sadino, seorang entrepreneur haruslah orang yang tahan banting dan tidak cengeng karena mereka pasti akan menghadapi banyak problematika dalam menjalani bisnis. Jika mereka tidak tahan banting, bisa dipastikan mereka akan mudah tergerus dan tereliminasi dari dunia bisnis.

Sifat, dan watak pebisnis

Bahkan sejak 1970-an banyak universitas yang mengajarkan kewirausahaan atau manajemen usaha kecil. Anda juga mungkin merasa bahwa orang yang lahir di Februari jackpot online uang asli cukup malas dan lamban dalam hal pekerjaan tetapi ini adalah hal keliru. Orang-orang ini tertarik untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan mereka.

Saat kita mampu menciptakan lingkungan yang bersemangat, setiap orang di dalamnya juga akan ikut bersemangat. Dengan begitu, kita akan termotivasi untuk meraih tujuan pribadi dan juga tujuan tim. Sebagai pemimpin, kita harus dapat menyadari bahwa tantangan dan kegagalan adalah hal yang biasa. Kepercayaan dan ketenangan diri memampukan kita menemukan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan atau kegagalan yang dihadapi oleh tim. Kepercayaan dan ketenangan diri juga dibutuhkan oleh seorang pemimpin.

Sebelum diterima di Institut Pertanian Bogor , Elang mempunyai misi yakni mengumpulkan uang 10 juta rupiah sebagai biaya masuk ke kampus tersebut. Dana tersebut ia kumpulkan dengan cara berjualan donat keliling di sekitar perumahannya. Usut punya usut, Elang ingin kuliah dengan uang hasil jerih payahnya sendiri. Selain itu ia juga ingin meringankan beban pengeluaran dari kedua orangtuanya yang sudah susah payah membesarkannya. Bahkan, jiwa ‘berdagang’ telah mengalir dari dalam dirinya semenjak masih duduk di bangku Sekolah Atas.

Pengangguran juga dapat diatasi dengan menyiapkan lapangan pekerjaan. Tugas kewirausahaan sebagai penyedia lapangan pekerjaan cukuplah penting. Wirausaha ialah suatu kegiatan yang dinilai mempunyai keberanian karena memulai suatu usaha dengan kemampuan dan kekuatan diri sendiri. Berdasarkan Vernon A. Musselman dan John H. Jackson, wirausaha atau wiraswasta ialah menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya sukses. Ciri ciri jiwa wirausaha lainnya yang dimiliki wirausahawan adalah mereka mampu menganalisa pasar dengan cermat sebelum memulai usahanya.

Untuk bisa seperti itu, kita tentu harus belajar dengan penuh semangat. Mengasah kreativitas dan juga memperluas networking adalah salah satu cara untuk bisa meraih sukses dengan lebih mudah. Menjadi pribadi yang berbeda tidak selalu aneh, namun malah menguntungkan.