Semua Ada Hikmahnya

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, pandemi COVID-19 telah menyadarkan para guru bahwa pembelajaran bisa terjadi di mana saja dan menyadarkan orangtua untuk mengerti guru mengajar putra-putrinya. (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran serta aku memohon pada-Mu sifat mencintai orang miskin). Dari do’a ini saja menunjukkan keutamaan seorang muslim mencintai orang miskin.

Mengonsumsi makanan dan minuman halal akan berpengaruh positif pada pikiran dan juga hati seseorang. Sebaliknya apabila mengkonsumsi makanan dan minuman haram dapat membuat hati seseorang tercemar sekaligus berpengaruh terhadap perilaku sehari-hari. Misalnya, orang yang suka mabuk cenderung mudah berbuat kejahatan. Tentu masih banyak hikmah dan pelajaran lainnya yang bisa kita ambil dari mewabahnya Covid-19 yang sekarang sudah menjadi pandemi world. Mudah-mudahan Allah SWT menjaga dan menolong kita semua dari berbagai musibah dan wabah penyakit yang membahayakan kehidupan kita.Wallahua’lam. Meskipun pada pandemi ini kondisi ibadah kita tak berjalan semestinya, namun bukan berarti kita harus mengubah semua keimanan yang kita miliki.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

Maka dari itu, dia menganjurkan untuk optimis tapi tetap menjaga dari perkataan yang mencampuri urusan orang lain. Ada banyak bukti yang Mama Dedeh paparkan ketika seseorang tidak menjaga mulutnya, bisa merugikan dirinya sendiri. “Survei membuktikan, gara-gara mulut dipenjara, dipukulin orang, di-PHK, saling bunuh,” terangnya. Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan massal, taksi dan kendaraan sewa diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat. Kemudian ayat ini mengatur tentang akhlak, yatu orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan, dan dalam peperangan. Ulama tafsir umumnya menyatakan bahwa yang dimaksud dengan hikmah adalah pengetahuan, pemahaman dan penerimaan yang luas dan benar dalam agama yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah Muhammad SAW. [newline]Survei tersebut menunjukkan kecenderungan bahwa selama di rumah dapat meningkatkan kualitas hubungan antara ibu dan anak maupun pasangannya.

Konsep Negara hukum Pancasila itu harus mampu menjadi sarana dan tempat yang nyaman bagi kehidupan bangsa Indonesia. Sesuai dengan pendapat Daniel S Lev, maka negara hukum Pancasila menjadi paham negara terbatas dimana kekuasaan politik resmi dikelilingi oleh hukum yang jelas dan penerimaannya akan mengubah kekuasaan menjadi wewenang yang ditentukan secara hukum. Konsep negara hukum Indonesia dapat dikategorikan sebagai negara hukum formil dan materiil, karena selain menggunakan undang-undang juga menekankan adanya pemenuhan nilai-nilai hukum. Ketiga, asas kebangsaan atau persatuan dalam kebhinekaan, yaitu setiap warga negara mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama. Asas ini menunjukkan, bahwa bangsa Indonesia bebas untuk menentukan nasibnya sendiri dan berdaulat, sehingga tidak membolehkan adanya campur tangan dari bangsa lain dalam hal mengenai urusan dalam negeri. Dari sudut sejarah, Pancasila sebagai dasar negara pertama-tama diusulkan oleh Ir.Soekarno pada sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia tanggal 1 Juni 1945, yaitu pada waktu membahas Pancasila sebagai dasar negara.

Warna hitam menjadi kategori baru yang dimasukkan ke Aplikasi PeduliLindungi. Menteri Luhut berharap penambahan itu membantu pencegahan pandemi. Dengan bantuan modal kerja sebesar Rp 2,four juta, Jokowi berharap masyarakat bisa menambah modal usaha untuk tetap membuka warung mereka.

Dilansir dari The United Nations Environment Programme menjaga kebersihan diri dan lingkungan sangat penting, terlebih lagi di saat banyak wabah virus corona di mana-mana. Kita juga dilatih untuk senantiasa menjaga kebersihan diri juga lingkungan. Dilansir dari The United Nations Environment Programme Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sangat diperlukan, terlebih lagi disaat banyak wabah virus corona dimana-mana. Bahkan adanya virus ini menuntut kita untuk lebih sering mencuci tangan menggunakan air bersih dan mengalir, juga kita tak lupa untuk selalu membersihkan lingkungan sekitar kita agar tetap terjaga kesterilannya. Keenam, dengan adanya wabah Covid-19, kita diminta menjaga diri dari wabah tersebut dengan cara tetap berada di rumah kalau memang tidak terpaksa harus keluar rumah karena ada suatu keperluan yang sangat penting. Bahkan, dengan mewabahnya Covid-19 ini kita diminta bekerja di rumah.

Marilah, kita hadapi situasi yang serbasulit saat ini dengan sabar dan terus kita bangun kesadaran bersama untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 sambil kita memetik hikmah di balik merebaknya wabah virus Covid-19. Semoga, di ujung tahun 2020 atau memasuki tahun baru 2021 ini merebaknya wabah virus Covid-19 bisa segera berakhir. Ketiga, bahwa masalah sesulit apa pun bisa diselesaikan asal kita ada kesadaran bersama untuk saling atau bahu membahu mengatasi masalah. Wabah ini bisa selesai atau minimal bisa ditekan kalau kita bersama-sama mempunyai kesadaran untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan cara memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan atau menjaga jarak. Keempat, dengan adanya wabah Covid-19 ini, kita menjadi terlatih untuk hidup berdisiplin. Dengan kita patuh memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak tentu kita akan terbiasa hidup berdisiplin menjaga kesehatan sehingga akan meningkatkan kualitas hidup kita.