Putri Koster Ajak Ambil Hikmah Dari Pandemi Covid Dan Disiplin 3m

Pancasila sebagai dasar mengatur pemerintahan negara dan dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara harus dapat diinternalisasi dalam pembentukan peraturan perundang-undangan. Dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, Pancasila merupakan landasan filosofis yaitu pandangan hidup, kesadaran dan cita-cita hukum. Dengan sikap yang demikian maka tidak ada usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain, juga untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan hidup bergaya mewah serta perbuatan-perbuatan lain yang bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum. Demikian juga dipupuk sikap suka kerja keras dan sikap menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama. Kesemuanya itu dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial. Nilai yang terkandung dalam Pancasila bersifat universal, yang diperjuangkan oleh hampir semua bangsa-bangsa di dunia.

Berada di rumah saja selama masa pandemi Covid-19, mendorong masyarakat mencari referensi kegiatan yang bisa dilakukan di rumah untuk membunuh kebosanan. Husein mengatakan sebagian orang mengabaikan PHBS karena terimpit beban pekerjaan, ekonomi, atau sekadar tidak punya kesadaran menjaga kesehatan dari hal kecil. Terbatasnya aktivitas sosial akibat adanya seruan pembatasan jarak sosial dan jarak fisik menyebabkan masyarakat jenuh sekaligus mengeluh kapan pandemi tersebut berakhir. Hikmah yang dapat diambil seperti para guru menjadi lebih mahir membuat dan menyusun materi pembelajaran daring.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

Mendikbud mengatakan dengan adanya wabah Covid-19 ini kita bisa memetik hikmah bahwa untuk melakukan pembelajaran bisa terjadi di manapun. Seperti saat ini para guru bisa melakukan pembelajaran melalui daring/online dengan menggunakan tools/perangkat baru. Pendidikan yang efektif membutuhkan kolaborasi yang efektif dari tiga hal ini, guru, siswa, dan orang tua. Ismail yang kita miliki bisa berupa harta, jabatan, keluarga, prestasi, seseorang yang paling engkau sayangi, bahkan sesuatu yang sangat engkau pertahankan di dunia ini”.

Adanya kebijakan pemerintah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh melalui on-line, maka dapat memberikan manfaat yaitu meningkatkan kesadaran untuk menguasai kemajuan teknologi saat ini dan mengatasi permasalahan proses pendidikan di Indonesia. Di balik masalah dan keluhan tersebut, ternyata juga terdapat berbagai hikmah bagi pendidikan di Indonesia. Diantaranya, siswa maupun guru dapat menguasai teknologi untuk menunjang pembelajaran secara online ini. Di era disrupsi teknologi yang semakin canggih ini, guru maupun siswa dituntut agar memiliki kemampuan dalam bidang teknologi pembelajaran.

Dalam proses penyusuan suatu peraturan perundang-undangan, nilai ketuhanan merupakan pertimbangan yang sifatnya permanem dan mutlak. Dalam pembentukan sistem hukum nasional, termasuk peraturan perundang-undangan harus memperhatikan nilai negara yang terkandung dalam Pancasila, karena nilai tersebut merupakan harapan-harapan, keinginan dan keharusan. Nilai berarti sesuatu yang ideal, merupakan sesuatu yang dicita-citakan, diharapkan dan menjadi keharusan. Notonagoro, membagi nilai menjadi tiga macam, yaitu pertama, nilai materiil. Segala sesuatu yang berguna bagi kehidupan jasmani manusia atau kebutuhan materials manusia.

Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia mengandung nilai-nilai bahwa setiap peraturan hukum, baik undang-undang maupun putusan pengadilan mencerminkan semangat keadilan. Keadilan yang dimaksudkan adalah semangat keadilan sosial bukan keadilan yang berpusat pada semangat individu. Keadilan tersebut haruslah dapat dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, bukan oleh segelintir golongan tertentu. Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab menunjukkan bahwa manusia diakui dan diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa. Berdasarkan nilai tersebut, dikembangkan sikap saling mencintai sesama manusia, sikap tenggang rasa dan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.

Akan ada banyak rintangan yang bakal dilalui selama menjalani hidup. Sejak mulai menginjak bangku sekolah, ada berbagai ujian yang harus diselesaikan dengan nilai baik jika ingin lulus. Setelah bekerja pun tetap tak pernah lepas dari rintangan dan ujian. Untuk bisa diterima bekerja saja Anda harus melalui serangkaian tes untuk membuktikan kapasitas Anda memang sesuai yang dibutuhkan perusahaan tersebut.